Minggu, 27 Desember 2009

Hemat memory


1.       Klik Start > Run.
2.       Ketik services.msc dan klik Ok. Setelah jendela services terbuka, tampaklah deretan program-program yang berjalan di latar belakang alias  tanpa ada jendelanya di desktop. Ada informasi mengenai nama, penjelasan status, tipe start up, dan beberapa informasi lain.
3.       Klik kanan pada program yang akan kita ubah aturannya, lalu klik properties. Sebelum mengubah aturan, baca dulu keterangan yang ada di Description. Cari tahu apakah program tersebut dibutuhkan atau tidak. Untuk mengetahui hubungannya dengan program lain, klik Dependencies. Jangan sampai setelah program kita matikan imbasnya program lain jadi ngaco.
4.       Klik Starup Type sehingganmuncul 3 pilihan : Automatic, Manual, dan Disable. Pilih salah satu sesuai kebutuhan. Jika tidak dibutuhkan, pilih Manual artinya kita jalankan secara manual atau Disable.Ada beberapa program yang dibutuhkan oleh sistem. Program seperti itu sebaiknya tidak diganggu gugat. Program-program tersebut adalah Event Log, Plug and Play, Remote Procedure Call (RCP), Windows audio, dan Windows Management Instrumentation.
5.       Setelah semua program selesai anda setting, Tutup services dan Restart komputer.

Kalau anda takut salah, Anda bias menyimpan pengaturan standar. Pengaturan itu bisa di-load lagi ketika komputer error. Cara bikinnya begini.
Klik View, lalu klik Add/Remove Colomns klik Ok . Kita harus melakukan itu agar file TXT yang tersimpan nanti tidak terlalu rumit. Klik Action pada Services, klik Export list. Simpan dalam file services.txt. Jika sewaktu-waktu anda ingin mengembalikan setting seperti semula, anda bias melihat file Services.txt yang sudah anda simpan sebelumnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar