Minggu, 16 Oktober 2011

Arsitektur Telematika

Arsitektur Telematika
Arsitektur system harus berdasarkan konfigurasi sistem secara keseluruhan yang akan  menjadi tempat dari DBMS, basis data dan aplikasi yang memanfaatkannya yang juga akan  menentukan bagaimana pemakai dapat berinteraksi dengannya. Seiring dengan kemajuan  teknologi, aristektur tersebut semakin beraneka ragam atau semakin banyak jenisnya dan  berubah pula keunggulannya. Yang harus menjadi pertimbangan utama dalam menentukan  arsitektur sistem, yang paling cocok tentu saja bukan hanya keunggulan teknologinya saja, kita  harus mempertimbangkan pula faktor biaya dan yang sesuai dengan kebutuhan nyata ditempat  dimana sistem akan digunakan.Arsitektur telematika menurut kami adalah sebuah aplikasi yang  secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer dan lapisan data dari sebuah  arsitektur layer – layer TCP/IP.
Tiga elemen utama sebuah arsitektur, masing-masing sering dianggap sebagai arsitektur,  adalah:
1.      Arsitektur sistem pemrosesan, menentukan standar teknis untuk hardware,  lingkungan sistem operasi, dan software aplikasi, yang diperlukan untuk  menangani persyaratan pemrosesan informasi perusahaan dalam spektrum yang  lengkap. Standar merupakan format, prosedur, dan antar muka, yang menjamin  bahwa perlengkapan dan software dari sekumpulan penyalur akan bekerja sama.
2.      Arsitektur telekomunikasi dan jaringan, menentukan kaitan di antara fasilitas  komunikasi perusahaan, yang melaluinya informasi bergerak dalam organisasi  dan ke peserta dari organisasi lain, dan hal ini juga tergantung dari standar yang  berlaku.
3.      Arsitektur data, sejauh ini merupakan yang paling rumit diantara ketiga arsitektur  di atas, dan termasuk yang relatif sulit dalam implementasinya, menentukan  organisasi data untuk tujuan referensi silang dan penyesuaian ulang, serta untuk penciptaan sumber informasi yang dapat diakses oleh aplikasi bisnis dalam  lingkup luas.
Arsitektur klien – Server Telematika
Arsitektur klien-server telematika terdiri dari 2 buah arsitektur yakni, arsitektur sisi client dan  sisi servernya :
1.      Arsitektur klien
Istilah ini merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi  koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi, dan cookie adalah  contoh dari sisi klien penyimpanan. Lihat Cookie, Server Side.  
Karakteristik Klien :
·         Selalu memulai permintaan ke server.
·         Menunggu balasan.
·         Menerima balasan.
·         Biasanya terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu.
·         Biasanya berinteraksi langsung dengan pengguna akhir dengan menggunakan antarmuka pengguna seperti antarmuka pengguna grafis.
·         Khusus jenis klien mencakup: web browser, e-mail klien, dan online chat klien.

2.      Arsitektur Sisi Server
Sebuah eksekusi sisi server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi server khusus tag tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk mengeksekusi.  
Karakteristik Server:
·         Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.
·         Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.
·         Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.
·         Jenis server khusus mencakup: web server, FTP server, database server, E-mail server, file server, print server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis server.

Keterkaitan antara  arsitektur sisi client dan sisi server :

1.      Arsitektur Single-Tier

Definisi  satu-tier arsitektur, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, adalah  bahwa semua komponen produksi dari sistem dijalankan pada komputer yang sama. Ini  adalah sederhana dan paling mahal alternatif. Ada kurang perlengkapan untuk membeli  dan mempertahankan. Kelemahan dari jenis ini pelaksanaan keamanan lebih rendah dan  kurangnya skalabilitas. Sebuah arsitektur skalabel ketika dapat dengan mudah diperluas  atau ditambah untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kinerja.  Setelah semua komponen utama situs  dan data di satu komputer di belakang firewall  daun domain situs lebih rentan terhadap serangan berbahaya. Menjalankan semua  komponen situs pada sebuah komputer juga membatasi ekspansi dan optimalisasi  kemungkinan. Anda hanya dapat menambahkan begitu banyak memori atau begitu  banyak CPU untuk sebuah server tunggal.

 Arsitektur single-tier

2.      Arsitektur Two-tier
Dalam dua lapis klien  server arsitektur, antarmuka pengguna pengguna ditempatkan di  lingkungan desktop dan sistem manajemen database jasa biasanya dalam sebuah server  yang lebih kuat merupakan mesin yang menyediakan layanan bagi banyak klien.  Pengolahan informasi dibagi antara sistem user interface lingkungan dan lingkungan  server manajemen database. Manajemen database server mendukung untuk disimpan  prosedur dan pemicu.. Vendor perangkat lunak menyediakan alat-alat untuk  menyederhanakan pengembangan aplikasi untuk dua lapis klien / server arsitektur.
 
Arsitektur Two-tier
 
3.      Arsitektur Three-tier
Arsitektur Three-Tier diperkenalkan untuk mengatasi kelemahan dari arsitektur two-tier.  Di tiga tingkatan arsitektur, sebuah middleware digunakan antara sistem user interface  lingkungan klien dan server manajemen database lingkungan. Middleware ini  diimplementasikan dalam berbagai cara seperti pengolahan transaksi monitor, pesan  server atau aplikasi server. The middleware menjalankan fungsi dari antrian, eksekusi  aplikasi dan database pementasan. Di samping itu middleware menambahkan  penjadwalan dan prioritas untuk bekerja di kemajuan. Three-tier klien / server arsitektur  digunakan untuk meningkatkan performa untuk jumlah pengguna yang besar dan juga  meningkatkan fleksibilitas ketika dibandingkan dengan pendekatan dua tingkat.  Kekurangan dari tiga tingkatan arsitektur adalah bahwa lingkungan pengembangan lebih  sulit untuk digunakan daripada pengembangan aplikasi dari dua lapis.
Arsitektur Three-tier

Tidak ada komentar:

Posting Komentar